Analisa Berita Tercemarnya Bengawan Solo

Dewasa ini, kebutuhan informasi tak pernah lepas dari keseharian kita, terlebih semenjak adanya media baru (daring) detik demi detik menit demi menit pegguna gadget selalu di sodorkan berita teraktual. Informasi yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang, dengan mempostingnya di dunia maya dan dibumbuhi dengan sedikit isu-isu menarik sanggup membuat viral sampai-sampai menarik minat wartawan untuk menulusuri kebenarannya.

Sungai Bengawan Solo /https://id.wikipedia.org


Buruh Redaksi - Baru-baru ini masyarakat di Jawa tengah khususnya Solo, dikejutkan mengenai pemberitaan mengenai Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah pekat pencemaran air. Pemberitaan pengenai Sungai Bengawan Solo ini sangat menarik untuk diberitakan dan dijadikan bahan diskusi serius, pasalnya sungai yang terkenal sejak dahulu kala bahkan dinobatkan sebagai sungai terbesar dan terpanjang di pulau jawa ini sudah banyak menghasilkan penemuan-penemuan bersejarah seperti fosil dan juga sebagai salah satu ikon kota solo.

Karena letaknya yang dekat dengan area industri, sungai Bengawan Solo rentan terkena imbas pembuangan limbah pabrik, pada tulisan ini penulis mencoba menganalisa mengenai berita pencemaran Limbah Bengawan Solo hasil liputan Imam Yuda Saputra. Terungkap fakta bahwa pipa siluman dibawah tanah tembus hingga dasar Bengawan solo bahkan ada di beberapa lokasi, kemungkinan fakta yang ditemukan berdasarkan temuan dari tim ahli. Pipa siluman sendiri merupakan sebutan untuk pipa dari pabrik, pipa itu berada dalam tanah hingga tembus dasar Bengawan Solo.

Masalah cukup penting untuk Sungai yang mengaliri dua provinsi, provinsi Jawa tengah dan Jawa timur. Analisis yang akan penulis gunakan untuk tulisan ini mengacu pada nilai-nilai berita, yang pertama adalah signifikan, begitu krusialnya Sungai Bengawan Solo untuk masyarakat Jawa sehingga harus dijaga dan dilestarikan membuat masyarakat semakin resah dengan pencemaran limbah air. Dalam tulisan Imam Yuda Saputra dijelaskan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait masalah yang menimpa Bengawan Solo. 

Gubernur Jawa Tengah harus lebih intensif lagi membahas perkara pencemaran air di Bengawan Solo, karena ini menyangkut kelestarian alam dan sumber kehidupan banyak orang yang tinggal di sekitar wilayah Bengawan Solo, cara-cara yang dilakukan bisa dengan terus memantau perkembangan penyelidikan, temuan baru apa saja yang didapat harus selalu tahu bahkan jika memungkinkan diperlukan petugas untuk mendatangi satu persatu pabrik yang diindikasikan menjadi penyebab pencemaran untuk memberikan sanksi tegas, kalau diperlukan diberhentikan pengoperasiannya jika masih menyalahi aturan.

Berikutnya adalah analisis nilai berita magnitudo, karena pengaruhnya besar bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur, penulis berharap agar Dinas Lingkungan Hidup segera melengkapi data dan fakta beserta bukti autentik agar masalah ini segera bisa diusut. Dilihat dari sisi timeless, Jika fakta baru ditemukan atau kebenaran akan pipa siluman terungkap maka langkah untuk menyelesaikan masalah terkait pencemaran air semakin mudah.

Beralih ke nilai berita proximity, proximity berarti kedekatan. Isu tentang bengawan Solo yang tercemar limbah air ini tentunya menarik perhatian bayak orang di semua nkalangan, sebab bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Bengawan Solo maupun bagi masyarakat yang mendiami provinsi Jawa tengah dan Jawa timur tentu sudah sangat familiar sekali dengan Bengawan Solo. 

Pada sisi Promirence atau ketenaran, Bengawan Solo termasuk salah satu sungai ikonis di Indonesia, mayoritas penduduk di negara ini mengenal Bengawan Solo. Bahkan berkat lirik lagu yang diciptakan oleh almarhum Gesang membuat Sungai mengalir diantara dua provinsi ini semakin mendunia. Yang terakhir penulis mencoba melihat dari sisi Human Interest, dimana keseharian warga sekitar Bengawan Solo setiap hari mencari ikan harus terusik oleh limbah air yang mencemari Bengawan Solo.


Limbah alkohol atau ciu menjadi salah satu dugaan kuat mengapa limbah air berwarna hitam pekat, berbusa bahkan mengeluarkan bau busuk, bagaimana bisa limbah alkohol sampai mencemari sungai bahkan menimbulkan bau busuk, keculai kalau jumlahnya ber liter-liter air dan mengendap terlalu lama. Apakah warna dan bau sudah bisa mengidentifikasikan kalau limbah tersebut adalah alkohol ciu ? mungkin pengujian laboratorium diperlukan untuk memperkuat dugaan sehingga akan mudah menemukan penyebab pencemaran Limbah tersebut, uniknya meski telah diyakini bahwa sumber utamanya pipa-pipa siluman namun lokasi pasti keberadaan pipa-pipa siluman masih belum ditemukan.

Penulis: Idris Pur.

Related

esai 4028875634660832059

Post a comment

emo-but-icon

Hot in week

Follow by Email

item