Nasi goreng, sedap namun berbahaya.

Mas bured sangat menyukai nasi goreng. Bagaimana tidak, harganya yang murah dan porsi besarnya yang tak pernah berubah membuatnya mengidolakan makanan satu ini. Ketika sedang asik menyuapi diri sendiri dengan nasi goreng spesial di depannya, dia terpikirkan sesuatu. Dia menanyakan pada dirinya sendiri, apakah menu favorit yang sehari-hari dia konsumsi itu baik bagi kesehatannya?

Buruhredaksi - Nasi goreng, salah satu makanan yang cukup dipuja-puja oleh orang. Bagaiamana tidak, di setiap malam datang dialah yang peduli dengan suramnya rasa lapar di dalam perut. 

Disaat lapak-lapak lain telah tutup, abang-abang penjual nasi goreng, lengkap dengan gerobak dorongnya kokoh berdiri di pinggir jalan melayani para pemuja nasi goreng. 

Pelanggan duduk termenung di kursi yang disediakan oleh abang-abang tersebut lantas dipertunjukkan atraksi melempar nasi diatas wajan penggorengan. Bahkan kadang dipertontonkan kobaran api diatas wajan. 

Mungkin pertunjukan memukau itu adalah ritual wajib ketika seorang abang-abang hendak memasak menu penyelamat rasa lapar orang-orang begadang tersebut.

Dengan adanya ritual itu, banyak orang yang menuliskan menu ini kedalam daftar makanan terfavorit mereka.

5 bahaya nasi goreng bagi kesehatan.
ILUSTRASI

Meskipun menu ini dipuja-puja, dengan ritual yang sebegitu rupa, bukan berarti menu ini luput dari yang namanya bahaya. 

Rasanya yang sedap dan aromanya yang mantap bukan berarti makanan ini sepenuhnya sehat. 

Memang sesuatu di bumi ini pasti ada yang mengandung manfaat dan ada juga yang mengandung bahaya. 

Jika kita berguru kepada Mbah Google tentang manfaat nasi goreng, si Mbah yang mungkin merupakan salah satu pemuja ini akan membelanya dengan begitu banyak pujian. 

Namun makanan favorit sejuta umat ini memiliki resiko jika dimakan terus menerus. Berikut kami paparkan 5 bahaya nasi goreng bagi kesehatan.

1.      Penyebab Obesitas

Kabar buruk bagi para pemuja nasi goreng terutama para wanita yang bercita-cita melangsingkan badan dengan cara mengurangi kalori. 

Ya kalau dipikir-pikir, mana ada orang diet malah makan nasi, tetapi kalau kamu sedang berproses diet tetapi kamu penggemar berat nasi goreng, alangkah baiknya kamu putuskan hubungan kamu dengannya. Dia sangat jahat dan tidak ingin cita-cita muliamu itu terwujud. 

Nasi goreng disusun dengan komponen utama nasi. Nasi sendiri sudah memiliki banyak kalori, apalagi jika ditambah dengan minyak, mentega, daging, dan telur yang biasa menyertai makanan sedap ini. 

Kalori yang berlebih akan menyebabkan tidak terkontrolnya kenaikan berat badan dan efek terburuknya yaitu Obesitas. 

Apalagi kemunculan abang-abang nasgor biasa di tengah malam. Proses kenaikan badan akan semakin cepat dan mudah terjadi.

2.      Penyebab Darah Tinggi

Penyebab darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi mengonsumsi zat Natrium. Zat ini terkandung cukup banyak dalam garam. 

Nasi goreng tanpa garam bagaikan tubuh tak bernyawa, oleh karena itu garam adalah komponen yang cukup penting dibalik lezatnya nasi goreng. 

Garam pada nasi goreng juga berfungsi sebagai penyeimbang rasa karena biasanya abang-abang nasgor bahkan para chef menambahkan unsur manis seperti kecap dan gula dalam masakannya, disitulah garam berfungsi sebagai penyeimbang rasa.

Banyaknya garam tersebut menyebabkan banyaknya kandungan natrium dalam sepiring nasi goreng dan akan menyebabkan darah tinggi. 

Tak cukup sampai disitu, nasi goreng juga mengandung minyak sayur yang jika dimasak akan berubah menjadi lemak trans. 

Lemak trans ini menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah arteri yang akan berimbas pada resiko terkena darah tinggi.

3.      Penyebab Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh. Terancamnya organ penting terebut akan sangat mengancam kehidupan yang sedang kita jalani. 

Penyakit yang menyerang jantung tidak bisa dianggap remeh. Serangan sekecil apapun akan berakibat fatal jika tidak ada penanganan segera. Timbulnya penyakit jantung ini biasanya disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi. 

Dalam istilah medis, lemak ini memiliki julukan lemak trans yang sudah kami sebutkan di atas tadi sebagai penyebab darah tinggi. 

Lemak trans ini merupakan jenis lemak yang susah dicerna oleh tubuh, sehingga keberadaannya akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya yaitu serangan pada jantung. 

Selain itu, lemak jahat ini juga akan menambah kadar kolesterol buruk dalam tubuh dan akan menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

4.      Penyebab Stroke

Penyakit stroke sudah menjadi momok bagi masyarakat. Sudah banyak penyakit ini sudah mengorbankan banyak jiwa. 

Penyakit ini ditandai dengan otot-otot tubuh yang tidak bisa digunakan secara baik, atau bahkan dalam kondisi terparah otot-otot akan mati sehingga sama sekali tidak bisa digerakkan. 

Lagi-lagi lemak junuhlah yang menyebabkan seseorang terkena penyakit berbahaya ini.

5.       Penyebab Penyakit Kanker

Komponen yang menjadi bahan pokok pada pembuatan nasi goreng adalah nasi putih. 

Nasi putih merupakan salah satu dari sekian makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. 

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, ubi, ketela, singkong, gandum dan lain sebagainya jika digoreng akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan, yaitu terbentuknya senyawa karsiogenik. 

Senyawa ini sejatinya ada dalam makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang diolah dengan cara direbus, dikukus, maupun digoreng. Senyawa yang biasa disebut dengan akrilamida ini beracun dan bisa memicu tumbuh nya sel kanker dalam tubuh.

Namun jika karbohidrat dimasak dengan cara di rebus maupun di kukus senyawa ini hanya mengandung sedikit racun, tak sebanyak saat diolah dengan cara digoreng.

Senyawa akriamida ini selain menyebabkan penyakit kanker juga berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan kesuburan, tumor, keguguran, kerusakan syaraf, juga dapat mengganggu kesehatan kehamilan. 

Selain senyawa tersbut, terdapat hal lain dari penyajian nasi goreng yang meyebabkan kanker, yaitu penyajian lalapan berupa mentimun. 

Kandungan minyak yang terdapat pada nasi goreng apabila direaksikan dengan getah irisan mentimun akan memicu timbulnya penyakit kanker tiroid.

Nah itu dia beberapa penyakit yang disebabkan oleh nasi goreng. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kelezatannya akan memanjakan lidah. 

Mungkin anda akan berpikir, "sesekali tidak apa-apa karena ketika suatu penyakit akan menyerang tubuh kita, selalu ada pertahanan berlapis yang menjaga kita agar tetap sehat," Tidak semudah itu Fergusso. Jika dikonsumsi secara berlebihan, setebal apapun dinding pertahanan yang kita miliki tetap saja bisa hancur.


Related

zzprayoga 3180162353296528730

Post a comment

emo-but-icon

Hot in week

Follow by Email

item