Bahaya Mengonsumsi Kulit Ayam


Buruhredaksi - Halo sahabat buruh redaksi. Di sini ada yang suka makan daging ayam ? Apalagi bagian kulit ayam, biasanya sih kulit ayam ini dimakan paling akhir dan kebanyakan orang pasti suka. Memang sih kulit ayam itu rasanya sangat lezat. Apalagi kalau digoreng pakai tepung, rasanya jadi gurih dan ada kriyuk-kriyuknya gitu. Namun, apakah sahabat juga sudah tau dampak negatif karena terlalu sering mengonsumsi kulit ayam? Ternyata tidak bagus loh untuk kesehatan.

dampak negatif karena terlalu sering mengonsumsi kulit ayam, penyebab penyakit
www.buruhredaksi.com


Dilansir dari doktersehat.com, Berdasarkan studi dari Harvard School of Public Health, kandungan gizi yang membedakan antara daging dengan kulit ayam yaitu kandungan kadar lemak. Dalam kulit 1 ons kulit ayam, terdapat 3 gram lemak jenuh dan 8 gram lemak tak jenuh.

Kulit ayam memiliki nilai gizi yang mudah diserap oleh tubuh manusia serta dapat mendukung proses regenerasi sel tubuh secara optimal. Kandungan lemak pada kulit ayam bukan merupakan kandungan lemak yang berbahaya. Tetapi dengan catatan harus dimasak dengan cara yang benar dan juga tidak dikonsumsi secara berlebihan serta harus ada batasannya.

Perlu sahabat ketahui bahwa kulit ayam yang dimasak dengan cara digoreng itu memiliki kadar kolestrol yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara memasak yang direbus. Kulit ayam yang digoreng menggunakan tepung akan meningkatkan jumlah kandungan lemak jenuh. Hal ini tentu tidak bagus untuk kesehatan kita. Karena tepung yang digunakan untuk melapisi kulit ayam tersebut justru akan menyerap minyak lebih banyak saat digoreng.

Hal tersebut malah akan menambah jumlah kandungan lemak dan menyebabkan timbulnya kolestrol jahat pada tubuh. Kolestrol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam lemak pada darah anda. Akibat dari peningkatan kadar kolestrol yang tinggi dapat menimbulkan risiko penyakit stoke, jantung, hipertensi.

Jadi, untuk meminimalisir dampak negatif saat kita mengonsumsi kulit ayam, yaitu dengan metode memasak yang benar. Alangkah baiknya jika kita mengolah kulit ayam dengan cara direbus daripada digoreng.

Penulis: Ayu
Editor: Laudia Tysara
Ilustrator: Qonitin

Related

zzayu 2134951819416024359

Post a comment

emo-but-icon

Hot in week

Follow by Email

item