Olahraga Extreme: Persiapan Olahraga Rafting atau Arung Jeram


Buruhredaksi.com - Halooo pembaca di mana pun kalian berada. Oh iya, kali ini kita akan membahas tentang olahraga rafting. Siapa sih yang nggak kenal dengan olahraga yang satu  ini? Pastinya udah pada tau dong. Iya teman-teman, jadi olahraga ini bisa juga kita sebut dengan olahraga arung jeram. Olahraga ini hanya mengandalkan tenaga dan kejelian mata kita. Sebelum melakukan olahraga extreme ini apa saja sih yang perlu dipersiapkan?
 
hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olahraga rafting atau arung jeram
Ilustrasi/Dyah F.
Pertama, Perhatikan Kondisi Fisik Kalian. Jika kalian ingin melakukan aktivitas rafting di sungai yang ada di Indonesia, sebaiknya pastikan diri kalian dalam keadaan yang sehat. Jika kalian memaksakan ikut aktivitas rafting dengan kondisi atau stamina yang sedang menurun, justru akan membuat aktivitas rafting kalian menjadi tidak menyenangkan dan cenderung membahayakan. Arung jeram walaupun lebih dominan bersifat rekreasi tetapi aktivitas ini masih tetap dalam kategori olahraga. Pemanasan tubuh sebelum melakukan aktivitas arung jeram, sangat penting agar tubuh kalian tidak kram pada saat mendayung sampan.

Kedua, Gunakan Pakaian Yang Tidak Menyerap Air. Apabila saat rafting kalian menggunakan pakaian yang mudah menyerap air, maka ada kemungkinan bahwa kalian akan mengalami penurunan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh akan sangat cepat menguras stamina saat rafting. Selain itu pergunakanlah celana pendek dan untuk alas kaki, gunakan sepatu olahraga atau sandal gunung bukan sandal jepit.

Ketiga, Perlengkapan Rafting. Sebelum memulai melakukan rafting kalian wajib mengetahui peralatan yang akan digunakan serta mengetahui kegunaannya. Sebelum aktivitas rafting dimulai, Leader River Guide akan memberikan briefing. Perlengkapan rafting antara lain:
1.       Safety Helmet, untuk melindungi kepala awak perahu apabila kepalannya terbentur benda keras.
2.       Life Belt/ Float/ Pelampung,  membantu peserta yang jatuh di air agar tetap terapung. Fungsi sekundernya adalah sebagai pelindung/ body protector terhadap benturan, baik berupa rintangan sungai, mau pun (dayung) sesama peserta.
3.       Paddle/ Dayung, untuk  membantu peserta menjalankan perahu.
4.       Boat/ Perahu, karena tidak mungkin kita berarung jeram menggunakan ban dalam mobil atau pelampung boneka milik adik bayi kita. Dan tak hanya sekedar bisa mengapung atau mengambang. Tetapi boat ini bisa ber-maneuver dengan cepat, bisa mengeluarkan air secara otomatis, memiliki empat tabung udara yang sehingga jika salah satu tabung bocor akan digantikan oleh yang lain, dan yang pasti kuat dan kokoh.

Keempat, Selalu Ikuti Arahan River Guide. Pada saat kalian berarung jeram, duduklah di pinggir perahu karet jangan duduk di tengah atau di dasar perahu karet. Dengan kalian duduk di pinggir perahu karet akan memudahkan kalian dalam menjaga keseimbangan tubuh. Posisi duduk biasanya akan diatur oleh pemandu yang akan disesuaikan dengan berat badan. Sebelum rafting dimulai, instruktur akan memberikan briefing atau arahan yang harus seluruh peserta perhatikan. Arahan tersebut meliputi berbagai hal teknis dari awal hingga antisipasi terhadap terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama rafting. Ada baiknya jika kalian tidak mengabaikan hal-hal yang disampaikan oleh instruktur demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Gimana teman-teman? Sudah tahukan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olahraga extreme yang satu ini? Jadi, jangan lupa ya teman-teman. Kita hanya mengingatkan, semoga bermanfaat. Salam olahraga.

Penulis : Dirgantara Ilham
Editor  : Laudia Tysara

Related

zzIlham 458166476392277659

Post a comment

emo-but-icon

Hot in week

Follow by Email

item