Cuaca Panas! Ini Dia Tips Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari


buruhredaksi.com - Salam. Akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan “kenapa cuacanya panas sekali?” Bikin gerah! Kulit kering! Apalah. Cuaca panas memang selalu menjadi momok tersediri bagi para wanita. Kenapa? Alasan utamanya karena takut hitam.

tips menjaga kulit dari sengatan matahari di cuaca panas
Ilustrasi/Yoga


Kebanyakan orang Indonesia selalu memandang cantik itu dari kulit putih dan tubuh yang langsing. Hmmm, padahal kulit hitam itu tidak selalu buluk tapi bisa dibilang cukup eksotis. Serasa mempunyai ciri khas tersendiri. Perlu kita ketahui juga teman-teman. Ternyata kulit hitam itu ada manfaatnya juga loh, seperti terhindar dari penyakit kanker kulit saat terkena paparan sinar utraviolet, bebas bergerak saat panas terik, jadi lebih awet muda, dan memiliki pancaran aura tersendiri. Jadi, buat kalian yang merasa memiliki berkulit hitam tak perlu minderlah. Kulit hitam mau pun kulit putih harus tetap dilindungi.

Kenapa kulit harus dilindungi?

Kita lihat sendiri akhir-akhir ini cuaca panas ekstrem cukup menyiksa kulit. Akibat kemarau yang berkepanjangan kulit menjadi mudah kering dan berminyak. Selalu ubah pola pikir kita agar tidak selalu terpaut pada kulit yang putih tetapi kulit yang sehat.
 
Mau tau cara lindungi kulit agar tetap sehat?

Mari simak yang berikut ini.

Pertama, kita harus menjaga kelembapan kulit dengan air dingin. Karena air dingin mampu menetralisir kulit agar tetap lembab setelah seharian beraktivitas dan terkena sinar matahari.

Kedua, memakai pelembap/ body lotion / sunblock. Kalian tau body lotion-kan? Iya body lotion yang biasa kalian pakai. Ternyata body lotion dan kawan-kawannya itu sangat diperlukan terutama untuk menjaga kelembapan kulit kita loh. Gak percaya? Jadi, body lotion  ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, jadi kulit kita nggak haus/ dehidrasi yang biasa bikin kulit kita kering.
Ketiga, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Kenapa makanan yg mengandung vitamin C diperlukan? Apa hubungannya dengan kulit? Gini, vitamin C itu kaya akan nitrisi selain itu juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah penuaan dini. Jadi, mengonsumsi makanan juga harus hati-hati ya. Dan harus sesuai porsi yang semestinya.
Selanjutnya, mengonsumsi air putih. Manfaat air putih memang sudah tidak diragukan lagi tentunya. Minum 8 gelas air putih dalam sehari dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita.

Dan yang terakhir, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Dengan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan cepat dapat meminimalisir keringat yang berlebihan. Dan tentunya gunakan pakaian panjang untuk menghindari sengatan matahari langsung.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk melindungi kulit agar tetap sehat dan terjaga. Jadi, jangan lagi takut kulit hitam, kulit kusam, kulit berminyak. Singkirkan  rasa takut itu dengan rutin menjaga kulit. Masak iya dia aja dijaga, kulit kita enggak. Hehehe. Rawat kulit sepanjang hari agar selalu bersinar dan berseri. Selamat mencoba yaa.

Penulis : Iva Yuliana
Editor  : Laudia Tysara

Related

zzIva 7948313115026253859

Post a comment

  1. Jangan lupa pakai masker untuk menjaga kulit kita. Bisa beli masker nature republik di instagram @tsaniah_rkm .
    Terima kasih ..... Salah sehat

    ReplyDelete

emo-but-icon

Hot in week

Follow by Email

item